Minggu, 27 April 2014

LOCK 8 SATELITE DISH MESH 6 FEET

Jika sebelumnya saya posting 6 LNB kali ini saya posting 7 LNB C-Band + 1 LNB Ku-Band untuk Lock 8 Satelite, perhatikan gambar berikut:

Dapat dilihat susunan LNB dari timur ke barat kegunaannya untuk lock satelite apa saja di tambah ku band, dan saat saya posting ini yang kuban untuk lock NSS6 walaupun hanya tersisa 10 Channel dengan kualitas siaran sangat biasa-biasa saja, tidak seperti beberapa bulan yang lalu. 

Baiklah langsung saja pembahasan tentang pemasangan 8 lnb yang dimaksud seperti pada gambar diatas:

Jarak Antar LNB:
karena dish yang dunakan hanya berukuran 6feet, maka jarak antar lnbnya sebagai berikut:
Chinasat 6A ke Palapa D 22CM diukur dari tengah LNB
Palapa D ke Telkom 1 8CM diukur dari tengah LNB
Telkom 1 Ke Asia 3S Dempet dan bahkan LNB harus sedikit dimodif agar sangat dempet.
Asia 3S ke Asiasat 5 8,2CM diukur dari tengah LNB
Asiasat 5 Ke Measat 3A 15CM diukur dari tengah LNB
Measat 3A ke ST2 dempet dan LNB harus bahkan LNB harus sedikit dimodif agar sangat Dempet.
Skema Pemasangan LNB:
pada umunya jika memasang 4 LNB dalam 1 dish kedudukan LNB lurus, namun untuk 7 LNB dish 6 feet seperti punya saya tidak sama lurus, perhatikan gambar berikut:
  
Ini merupakan skema pemasangan LNB pada dish mesh 6 feet milikku, dapat kita lihat posisinya tidaklah lurus, kecuali keempat LNB yang biasa digunakan dalam 1 dish itu dibuat lurus, dan tambahannya perhatikan gambar diatas. garis titik-titik yang berwarna merah adalah 0­0 (0 dejajat pada LNB) atau kelurusan besi yang terdapat dalam LNB.
Tihang fokus ditempatkan/dipasang di tengah-tengah antara Asia 3s dan Telkom 1, untuk menetukan letak dan jarak kita harus benar-benar teliti dalam menyusunnya agar kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal, walaupun hasil dari apa yang saya buat ini memang masih terdapat kekurangan, beberapa channel yang memerlukan kualitas signal besar tidak bisa ke lock seperti yang dari palapa D TP untuk MWD TV itu tidak ter lock, Telkom 1 semua terlock, sampai TP untuk Indonesia Network pun terlock yang isinya beberapa Channel TV daerah dan beberapa channel TV mancanegara, Asia 3s TP untuk XINGKONG tidak terlock, Asiasat 5 TP untuk Trace Sport tidak terlock.

Pengaturan Diseqc:
Gambar Skema pengaturan diseqc:
Pengaturan pada receiver:
Chinasat 6a diseqc 1 on
Palapa D diseqc 1 off
Telkom 1 diseqc 2 on
Asia 3s diseqc 2 off
Asiasat 5 diseqc 3 on
Measat 3a diseqc 3 off
ST2 diseqc 4 off
NSS 6 diseqc 4 universal (outo)

Hasilnya:
 Chinasat 6A CCTV10 Frek: 4080 H 27499


Palapa D RCTI Frek:  3774 H 6519

Telkom 1 Trans TV Frek: 4085 H 6000
 
 Asia 3S Lotus Frek: 3880 H 27500

 Asiasat 5 RTP International Frek: 4000 H 28125

 Measat 3a UNTV Frek : 3705 H 4290
Untuk measat 3a C Band hanya mendapat 1 Channel TV, dikarenakan LNB tidak menggunakan dudukan (Breket) hanya diikat dengan karet bekas ban motor dan LNB yang digunakan sudah lemah, sisa dari eksperimen modifikasi untuk menggabungkan universal.

 ST2 Taiwan Frek: 3629 H 24700

 NSS6 Lamkong Frek: 11786 V 27499

Demikian postingan kali ini, semoga bermanfaat buat yang suka operak-operek parabola dan buat anda sekalian yang kebetulan berkunung ke Blog saya ini.
Semua orang dapat melakukan hal ini, kuncinya hanya ketelitian dan kesabaran pasti akan mendapat hasil yang maksimal.

46 komentar:

  1. bos nambah thaicom5 bisa gak klau pakai 8feet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah nyoba pake dish 6 feet itu, namun ga dapet ya dikarenakan dishnya kecil, ga tahu kalau dish yang 8 feet, soalnya aku belum punya dish yang sebesar itu. coba aja jaraknya kurang lebih 18cm dari ST2, jika memang 18 masih belum bisa coba miringkan ke barat atau naikan dishnya, jika sudah dimiringkan ada signal berarti posisi lnb kuran jauh dari semula, jika dinaikan ada signal berarti LNB kurang dekat dari posisi awal.

      Hapus
  2. Om, mohon info utk SCTV satelit dan freknya ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. SCTV di Palapa D. 3749 H 3125

      Hapus
    2. SCTV dan Indosiar di Palapa D 4000 H 8500

      Hapus
    3. Untuk melihat frekuensi siaran di Palapa D
      www.lyngsat.com/Palapa-D.html
      Untuk Telkom 1
      www.lyngsat.com/Telkom-1.html
      Untuk satelit-satelit di Asia
      www.lyngsat.com/asia.html

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. diborong semua...... mantap-mantap.....!!!!

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. saya sudah coba tapi measatnya kuk gak nangkep ya,,,tapi tanpa lnb asiasat 5,,,hanya palapa,telkom,asiasat 3,langsung measat dan 0 drajatnya udah tak miringkan,,,tolong penjelasannya gan,makasih banget,,,,posisi magelang,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama Lock dulu measat dengan LNB di tiang fokus baik itu LNB untuk Telkom Atau asiasat 7 (3S), setelah terlock dan discan baru dengan LNB yang ingin ditambahkan untk ngelock.

      Hapus
  7. keren bang, syg nya urban trace HD nya gak bisa lock. padahal tuh channel favorit ku :D. kalo sctv mpeg2 nya bisa lock kah bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beink1-3 HK asiasat 5 dan SCTV dan INDOSIAR Network Palapa D juga bagus. Kecuali Trace Urban emang pelit banget signalnya.

      Hapus
  8. Bro mw nny. Itu kan dr LnB masuk ke diseqc lalu output nya 1 (V dan H nya gabung). Gimana cara memisahkan V dan H nya? Krn saya ingin memasukkan ke multi switch utk membagi ke 4 tv. Apakah bisa? Thx sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. V / H tu otomatis pengaturan pada RX, tapi yang penting adalah pengaturan disecq nya, contoh LNB 1 Palapa, LNB 2 Telkom yang digunakan itu LNB yang langsung ada swictnya, dari LNB 1 masuk ke LNB 2 kemudian dari LNB 2 Masuk ke disecq, pengaturan di Rceiverya, Palapa LNB 1 On, Telkom 1 OFF, dan seterusnya.

      Hapus
  9. Tolong tanya,,,kalau dg 7 LNB,dg parabola 6 fit,apakah semua channel di setiap satelit,bisa tertangkap dg signal yg baik ? Trims sblumnya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, hanya saja perlu kesabaran dan ketelitia dalam menentukan jarak, Bahkan untuk Beink1-3 HK asiasat 5 dan SCTV dan INDOSIAR Network Palapa D juga bagus. Kecuali Trace Urban emang pelit banget signalnya.

      Hapus
  10. Bisa, hanya saja perlu kesabaran dan ketelitia dalam menentukan jarak, Bahkan untuk Beink1-3 HK asiasat 5 dan SCTV dan INDOSIAR Network Palapa D juga bagus. Kecuali Trace Urban emang pelit banget signalnya.

    BalasHapus
  11. mantep bro..ini yang ane cari.. palapa ke measat,soalnya ada rx yang murah meriah sudah support vuvu..

    BalasHapus
  12. Gan maaf nih mau tnya. Aku cari sinyal nss6 dengan telkomvision tp gambar dapet 2' lnb combo. Tolong pencerahanya gan.

    BalasHapus
  13. Gan saya dish saya 6 Feet sdah ada Palapa & Telkom, rencana mau tambah buat measat3. Kira-kira berapa ya jarak LNB dari Palapa Ke Measat atau Jarak Telkom ke Measat...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya hitung menurut catatan Mas Samirun Nadhilah jarak telkom ke measat3 adalah 29,70 Cm, diukur dari tengah Lnb

      Hapus
  14. Kalo utk nambah 2 lnb lagi (skrg udh 2 utk Palapa dan Telkom)-rencana utk Asia Sat 3 dan Asia Sat 7 dan dish mesh 10 ft gimana caranya?

    BalasHapus
  15. Kalo utk nambah 2 lnb lagi (skrg udh 2 utk Palapa dan Telkom)-rencana utk Asia Sat 3 dan Asia Sat 7 dan dish mesh 10 ft gimana caranya?

    BalasHapus
  16. Kalo utk nambah 2 lnb lagi (skrg udh 2 utk Palapa dan Telkom)-rencana utk Asia Sat 3 dan Asia Sat 7 dan dish mesh 10 ft gimana caranya?

    BalasHapus
  17. Mas bro, kalo digunakan untuk 2atau 3 reciver gimanana rangkaianya ..bisa tdk.mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk 2 rx berarti kita butuh lnb dual output, dengan tambahan switch 22k 4 buah dan disecq 2 buah. Seperti biasa dari output 1 lnb palapa masuk ke switch 22k on, telkom masuk ke switch 22k off , dari switch tadi keluar, dan masuk ke diseq 1. Untuk rx 2 dari palapa output 2 masuk switch 22k on dari telkom output 2 masuk disecq yg satu 1nya lagi, dan seterusnya. Sangat panjang jika diperinci 1 per 1, tapi itu sebagai gambaran saja.

      Hapus

  18. Mas bro, kalo digunakan untuk 2atau 3 reciver gimanana rangkaianya ..bisa tdk.mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk 2 rx berarti kita butuh lnb dual output, dengan tambahan switch 22k 4 buah dan disecq 2 buah. Seperti biasa dari output 1 lnb palapa masuk ke switch 22k on, telkom masuk ke switch 22k off , dari switch tadi keluar, dan masuk ke diseq 1. Untuk rx 2 dari palapa output 2 masuk switch 22k on dari telkom output 2 masuk disecq yg satu 1nya lagi, dan seterusnya. Sangat panjang jika diperinci 1 per 1, tapi itu sebagai gambaran saja.

      Hapus
  19. mas mau nanya say6a tracking chinasat 6a dengan 5 lnb, 12 feet.berapa ukuranya jaraknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau 12 feet aku belum tau ukurannya sebesar gimana,karena belum punya dish sebesar itu, tapi pastinya jarak akan lebih melebar.

      Hapus
  20. Info yg mantap, makasih Mas Samirun Nadhilah,,, saya mau coba juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba, pasti bisa hanya butuh kesabaran dan ketelitian saja.

      Hapus
  21. Mantap... mantap... mantap.... untuk 6 feet mau pasang 4 LNB yang didapatkan Chinasat 6, Palapa, Telkom dan Asiasat 5 melewati Asiasat 3 bagaimana gan dengan ukuran? Dan titik fokusnya disatelit yang mana? Mohon pencerahannya. Terima kasih salam kenal dari Kalbar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama kita harus modif dulu skalaring, fokus tetap telkom dan asiasat 7 harus dempet rapat. Siapkan besi l yg berlubang untuk menambahkan skalaring untuk lnb measat 3 dan st2.

      Hapus
  22. Permisi selain 4 satelit seperti palapa, telkom, asia 7, asia 5 apakah chinasat 6b dan 6a bisa ditangkap sekaligus? dan juga apa saja diseqc dan 22k untuk palapa, telkom, asia 7, asia 5, chinasat 6b dan 6a

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai 3 lnb yang 22k switch, kalau merek aku pakai tanaka twin, tambah disecq 4x1. Dari lnb palapa masuk ke lnb telkom kemudian masuk ke disecq 1. Asiasat 5 masuk ke lnb asiast 7 kemudian ke disecq 2, chinasat 6b masuk ke disecq 3, measat 3 masuk ke lnb st2 masuk ke disecq 4, untuk itu udah 7 lnb, jika ingin menambahkan 1 lnb lagi tinggal masuk ke lnb chijnasat 6b 22k switch untuk pengaturan lnb pada rx tinggal menyesuaikan. Selamat mencoba.

      Hapus
  23. posisi dishnya tegak keatas ya?
    jadi fokusnya kesatelit apa duluan?
    gbr ke2 timur dan baratnya apa gak kebalik ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisi tegak biasa seperti pemasangan 4 lnb pada umumnya.
      Fokus tetap asiasat 7 dan telkom 1
      Gambar timur baratnya bener sesuai dengan keadaan. Cuma yg sekarang aku pake hanya 5 lnb, measat 3, asiasat 5, asiasat 7, telkom 1, palapa d. Untuk fokus di asiasat 5 buat nangkep feed.

      Hapus
    2. wah pas dunk, ane jg udh locked ke 4 satelit itu, cm mau nambah 1 lg measat 3..bingung cara nempelnya lnbnya gmn, udh ga da tempat hihihi #mikirkeras

      Hapus
  24. Selamat malam. Mau nanya. Chanel natgeo wild yang free satelit apa ya. Makasih sbelum nya.

    BalasHapus
  25. Gan klo Venus jaring hitam brapa feet itu titik fokus ny apa sy mau coba nambah ass7/5 sama thaicom 5

    BalasHapus
  26. Gan jarak lnb palapa d ke thaicom 5 berapa cm ?

    BalasHapus
  27. Kalo pakai lnb 2in1 bsa ga bro

    BalasHapus
  28. Kalau dari bibir lnb berapa ukuran nya OM,,,!!!

    BalasHapus
  29. Kalau di ukur dari bibir lnb, berapa itu kita kita ukuran nya

    BalasHapus

Jangan Lupa Kasih Komentar