Jumat, 06 Desember 2013

CARA MEMASANG 6 LNB DISH 6 FEET

 ATAS PERMINTAAN DARI TEMAN-TEMAN KINI SAYA MEMBUAT BLOG DAN SAYA POSTING ARTIKEL TENTANG CARA MEMASANG 6 LNB KEDALAM DISH 6 FEET.


Dulu parabola ini hanya 2 lnb, jadi dish yang digunakan hanya berukuran 6 feet. sebelumnya saya tidak tau menau tentang parabola, namun sekarang saya sedikit bisa tau tentang parabola. beberapa bulan setelah pasang parabola 2 lnb saya melihat dari tetangga-tetangga yang lain rata-rata memakai 4 lnb, kemudian saya bertanya sama toko penyedia parabola yang saya beli pada waktu itu, bisa apa tidak jika parabola saya ditambahkan 2 lnb lagi? menurutnya bisa tapi semuanya harus diganti dari mulai dish, sampai receiver! katanya. wah repot kalo harus ganti semuanya. kemudia saya cari tau lewat mbah google, disana ada macam-macam tentang cara menambahkan lnb, akhirnya setelah beberapa lama saya mulai mencoba menambahkan 2 lnb, setelah beberapa hari akhirnya saya bisa menggabungkan 4 lnb dengan kekuatan signal yang sama. penasaran setelah beberapa bulan cuma ada 4 lnb, kemudian saya membeli 2 lnb lagi dan saya mencoba menggabungkan lagi ke2 lnb itu, setelah beberapa hari akhirnya saya dapat menggabungkannya. itu pengalaman saya dalam merangkai 6 lnb di dish 6 feet. dan berikut adalah gambar rangkaian 6 lnb yang sudah saya buat sendiri.


Gambar 1
gambar diatas menujukan persiapan saya sebelum merangkai 6 lnb, perhatikan masing-masing lnbnya. untuk lnb yang diberi nomor 1H 2H 2M dan seterusnya itu yang dimaksud adalah untuk pengaturan pada receiver, tentunya juga pada disecq jangan terbalik. khusus untuk lnb 1H itu digunakan untuk menangkap satelit Chinasat 6b, karena keberadaan posisi tiang fokus bukan antara chinasat 6b dan palapa jadi untuk lnb 1 harus sedikit dibodif agar benar-benar dempet dengan lnb yang untuk nangkap satelit palapa D.
khusus untuk lnb 4H/ LNB yang buat nangkap siaran measat 3a 95,4E perhatikan posisi breket yang tidak lurus dengan yang lain, karena jika kita pasang lurus maka dish pasti harus sedikit miring dan kelima lnb yang lain akan kurang penerimaan signalnya.

 Gambar 2
Gambar diatas adalah hasil rangkaian dari keenam lnb yang saya punya, perhatikan posisi/tata susunan sebelum anda mencoba.


  gambar 3
Gambar diatas adalah rangkaian disecq yang dipasang oleh saya, karena saya menggunakan lnb yang dua diantaranya untuk 2 receiver, maka yang untuk dua receiver itu saya gunakan buat nangkap siaran palapa d dan telkom 1, karena receiver yang hanya memakai 2 lnb itu untuk tv umum, sedangkan untuk tv yang khusus/pribadi menggunakan yang 6 lnb.
gambar 4
gambar diatas adalah rangkaian yang sudah siap kita naikan ke atas, dan mulai mencari signal dari masing-masing satelit.
 
gambar 5
Gambar diatas menunjukan jarak antar lnb, karena Dish yang saya gunakan itu hanya 6 feet, jadi seperti yang diatas jika teman-teman ingin mencoba untuk merobah jumlah lnb, karena semakin besar dish maka jaraknya bisa saja semakin lebar, atau malah tetap. 

Dan inilah hasilnya:
Palapa D

Telkom 1
  

Asia 3s

Asiasat 5

Measat 3a

NB: untuk Signya dari Chinasat 3b, saya belum bisa memberi contoh karena saat saya hendak menulis artikel ini terjadi kesalahan pada LNB yang saya gunakan untuk Chinasat 6b.

Dan kunci dari keberhasilan adalah usaha yang tekun, pantang menyerah, hingga akhirnya kita akan memetik hasil yang memuasan. saya bisa merangkai 6 lnb dalam 6 feet bukan orang lain yang merangkai melaikan dari membaca artikel-artikel yang tentunya ada dari berbagai media seperti internet dan kemudian saya praktekan sendiri.


SELESAI

43 komentar:

  1. Balasan
    1. Biasa aja Kang, semua juga bisa melakukannya. sekarang saya lagi mencoba 2 lnb saja tapi yang bisa buat gabungin antara Thaicom 05 dengan palapa agar bisa di terima dengan kekuatan signal yang sama dan setabil, namun belum juga berhasil.

      Hapus
    2. klo udah bisa yg 2 lnb share lg y bro, kbtulan ane jg pngn bs lock 2 lnb saja tp untuk asiasat5 dan chinasat10

      Hapus
    3. Untuk dish mesh 6 feet sangat sulit menerima signal antara thaicom 5 dan palapa, tapi kalau untuk chinasat 10 dan asiasat 5 jarak LNBnya antara 13 - 15 cm, dudukan tiang fokus tinggal dibagi 2, lnb yang di sebelah timur untuk asiasat 5 dan yang barat untuk chinasat 10.

      Hapus
  2. kalau posisi seperti diatas kira2 tambah thaicom5 berapa cm dari ass5 sob,pakai dish 8 feet mesh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udah beberapa nyoba di dish 6 feet, namun tidak berhasil, engga tau jika ukuran dishnya 8 feet. bisa dicoba mungkin jarak dari asisat 5 sekitar 30cm.

      Hapus
  3. Kalau untuk 8 feet tambah taicom 5, saya belum pernah nyoba karena dish yang saya punya hanya 6 feet, tapi bisa dicoba jarak dari Asiasat 5 ke thaicom 5 sekitar 20-25cm.

    BalasHapus
  4. Wah tiasaan kang Sam 2 jempol atas hasil karyanya, tiasa nangkep 8 satelit sekaligus hanya dari dish 6ft secara bersamaan. Seandainya satelit yang ingin ditangkap semua ada di sebelah barat/timur wilayah jabar, tinggal oprek2 saja posisi lnb-nya pake tangan langsung seperti yang sering dilakukan sm orang2 yg tinggal di luar wilayah garis khatulistiwa.

    Kalau saya mah malah di pisah2 lnb-f & arah dish nya biar signal besar2 n ujung2nya atap rumah dipenuhi pemandangan aneh hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemandangan aneh??? penuh dengan jamur berbahan alumunium?

      Hapus
    2. Haha itulah menurut tetangga di sekitar rumahku...,tp mnrtku masih lebih parah yg di pemukiman padat penduduk "apartemen & rusun, ruko, rmh kontrakan" karena rata2 seluruh atap di lantai teratas isinya jamur alumunium semua.

      Hapus
  5. Mantab bero... lnb ke 6 (measat) g lurus tp agak serong kmana kah? Brp derajat..
    Nuhun kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Posisinya jangan lurus agak geser ke sebelah selatan dari 4 lnb Palapa, Telkom, Asia3s, asiasat 5.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Maaf, baru ikut skr. Krn baru masuk di dunia traking.
      Oia, kira2 berapa derajat miring keselatan nya Gan. Terima Kasih

      Hapus
  6. tambah lnb lagi Om,di sebelah barat chinasat 6b,ada chinasat 6a,bisa di lock dg bagus ke smua chanelnya,krn rata rata signalnya kuat ch ch yg nongkrong di satelit ini,beam meliputi sluruh wil Indonesia,ralat dikit Om,bukanya yg ada di 95,4E satelite insat 3a/4b yach,klo measat 3a di 91,5E, istriku jg orang Padaherang Om.salam kenal.



    BalasHapus
  7. pakai receiver mpeg 4 apa mpeg 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sarankan pakai receiver matrix prolink hd ethernet new jadi bisa menangkap siaran mpeg2, mpeg4, dan HD

      Hapus
  8. ask (help)
    gan ane td baru aj pasang lnb 3 n 4, ko signale ga padu ama lnb 1 gan?
    klo lnb 1(palapa) kuat yng 3 ama 4 jd lemah, juga sebaliknya.
    agan2 ada yg bisa kasih tips ato saran mengenai jarah atur lnb atau ketingiian lbn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarak dan ketinggian lnb harus diatur lagi, ukuran dish berpengaruh terhadap jarak dan ketinggian lnb.

      Hapus
  9. asiasat 3S channel nya kurang bagus mas, tadi nya aku pake 4lnb, sekarang aku pengen pake 2 aja untuk lock asiasat5 dan thaicom5 ., sementara ini aku mangkal di thaicom 5 aja soalnya banyak chanel fta lumayan hot. mau coba gandeng sama asiasat5 tapi blm sempet waktunya. kalo mas udah bisa gabungin asia5 sama thaicom5 tolong di share ya infonya.. makasih.
    salam kenal, aku tinggal di balikpapan kaltim

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaraknya kurang lebih sama dengan asisat 5 dengan palapa. setelah dipasang jarak yang sama anatara asiasat 5 dengan palapa coba digeser-geser. tihang fokus sebaiknya ditengah tengah antara asiasat 5 dengan thaicom 5, bukan disalah satu lnb. jika tihang fokus sudah ditengah-tengah antara kedua lnb itu sudah dipasang coba lock lagi thaicom 5, setelah itu lnb yang satunya lagi untuk asiasat 5, jika thaicom sudah ke lok maka perhatikan apakah asiasat 5 sudah bisa ke lock atau belum. jika belum geser ke barat atau ke timur, jika di geser ke barat asiasat 5 dapa maka letak lnb untuk asiasat 5 kurang ke timur, begitu juga sebaliknya. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

      Hapus
  10. salam kenal mas samirun..,mas bisa minta skema gambar alur2 kabelnya sama alat2 yang dibutuhkan, soalnya gambar diatas gak kelihatan nama alat yang kotak kecil 3 buah itu. kebetulan aku juga mo bikin kaya itu persis, 6 lnb pake dish 6 feed, untuk 3 receiver yaitu 2 receiver palapa&telkom trus yang 1 receiver lagi untuk 6 lnb. tlg kirim ke imelku ya gan : dovikusjaya@gmail.com

    BalasHapus
  11. wah,,,,mantap bro.
    saya mau belajar dong.
    caranya nentuin jarak lnb itu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teliti itu kuncinya. Pertama pasang dulu lnb pada Breket, setelah itu mulai traking 1 per 1 satelit, jika palapa sudah semua atau paling tidak channel yang membutuhkan signal besar sudah terlock, maka selanjutnya ke satelit lain, seumpama kita coba lock Telkom, seperti tadi palapa sudah terlock namun telkom belum maksimal maka mulailah kita geser dish ke arah barat atau timur, jika dish diarahkan ke timur signal telkom bagus, maka pasti palapa ada yang kalah, kesimpulannya, lnb untuk telkom jaraknya kurang lebar dari palapa, dan seterusnya seperti itu. Selamat mencoba Pasti Bisa, toh itu kan benda mati, kenapa kita kalah sama benda mati iya kan.....????

      Hapus
  12. Lokasi dimana Mas Samirun? Boleh minta bantuannya di Kota Bogor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya di wilayah Kab. Pangandaran Jabar

      Hapus
  13. Salam kenal Bang Admin.... sy sdh baca artikelnya admin sy berasal dari Pulau Sumba-NTT, sy jg baru belajar bgmn crnya menyetel parabola... yg sy mau minta solusinya sy menggunakan LNB 4 in 1 dish 6 feet solid (Palapa D, Telkom1, Asiasat3s dan Asiasat5) dg fokus pada sat telkom 1 namun sy mengalami problem utk lock ke sat asiasat 5 cuman 4 channel aja yg bs diperoleh yakni Alkass 2, dubai sport 3, GNC n Dubai dan smua dar 3 channel yg agak bisa di lock terkadang hilang, misnya klo sy gerakkan dish dikit ke Palapa D mk 2 sat yg lainnya pasti ada beberapa yg hilang sinyalnya... mohon bantuan sarannya admin mengenai hal iini, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  14. Mantap., cara masang discq nya gmanah?

    BalasHapus
  15. Mantap ... mau coba tracking satelit juga

    BalasHapus
  16. gan jarak lnb antara palapa-telkom-asiasat3s-asiasat5 brpa cm..... tolong domg bntuannya... dan gimna cara pasang di dish 6feet dan 3 tiang fokus...

    BalasHapus
  17. gan jarak lnb antara palapa-telkom-asiasat3s-asiasat5 brpa cm..... tolong domg bntuannya... dan gimna cara pasang di dish 6feet dan 3 tiang fokus...

    BalasHapus
  18. Permisi selain 4 satelit seperti palapa, telkom, asia 7, asia 5 apakah chinasat 6b dan 6a bisa ditangkap sekaligus? salam dari Jambi

    BalasHapus
  19. gan jarak lnb antara palapa-telkom-asiasat3s-asiasat5 brpa cm..... tolong domg bntuannya... dan gimna cara pasang di dish 6feet dan 3 tiang fokus...
    Zakiabdulkadir@gmail.com

    BalasHapus
  20. gan jarak lnb antara palapa-telkom-asiasat3s-asiasat5 brpa cm..... tolong domg bntuannya... dan gimna cara pasang di dish 6feet dan 3 tiang fokus...
    Zakiabdulkadir@gmail.com

    BalasHapus
  21. Mantap., cara masang discq nya gmanah?

    Zaki Abdulkadir

    BalasHapus
  22. Mantap gan,,jempol buat agan,jadi pingin coba nih,,yg jual breaket lnb..yg panjang ky gitu dimanana ya?

    BalasHapus
  23. Mantap gan,,jempol buat agan,jadi pingin coba nih,,yg jual breaket lnb..yg panjang ky gitu dimanana ya?

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Cara buka siaran yg terkunci gmm cara nya...

    BalasHapus
  26. Cara buka siaran yg terkunci gmm cara nya...

    BalasHapus

Jangan Lupa Kasih Komentar